Atur Komputer Anda…

Friday, September 1st, 2006 § Leave a comment


Selama anda masih jadi penguasa, aturlah dengan baik semua elemen yang anda kuasai. Seperti komputer anda misalnya. Jangan biarkan dia merongrong (ehh betul nggak tulisannya) seenak perutnya. Jangan biarkan juga pihak lain turut mengaturnya. Berikan apa yang dia perlukan agar kerja bisa lebih baik dan sempurna, tidak ada hambatan yang berarti, yang dapat mengganggu kinerjanya.

Beberapa rekan sempat mengeluh, karena mereka selama ini percaya dengan sistem operasi yang “user friendly”, begitu istilah mereka untuk Microsoft Windows. Sayangnya atau lebih tepat sialnya, mereka cuma bisa menggunakan saja, kalau mengalami hambatan mereka melenguh seperti sapi betina. Mereka tidak mau bertanggung-jawab dan memberi hak yang sesuai. Mereka termasuk dalam golongan penikmat, alias menggunakan Microsoft Products tanpa hak pemiliknya. Bayar donk. “Kalau anda sudah nyaman dengan windows, yah bayar donk lisensinya”, sahutku suatu kali.

Pernah dengar “warning” Genuine Microsoft Software, sebuah himbauan kalau boleh dikatakan demikian. Himbauan agar anda masuk dalam Genuine Micorosoft User Community dan menikmati hidangan privasi didalamnya. Betul, kenikmatan itu memang ada. Tentu saja bagi perusahaan sebesar Microsoft memberikan pelayanan adalah hal yang super sangat penting. Dan ini dengan mudah saja dilaksanakan.

Bentuk himbauan ini sebenarnya hanya lips service mereka saja. Himbauan yang apabila tidak dituruti, maka (kemungkinan) hal-hal yang mengerikan dapat menimpa komputer anda kelak. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Kemungkinan itu selalu ada, selama anda tidak mengatur komputer anda.

Atur komputer anda, agar tidak ada akses dari pihak luar yang (mungkin) akan mengontrol komputer anda secara remote. Gunakan library yang validity-nya terjamin. Atur registry anda sebaik mungkin, seefisien mungkin. Jangan biarkan ada aplikasi yang muncul di taskbar anda, tanpa seiijin anda. Gunakan aplikasi pengawas apabila komputer anda koneksi ke internet. Pendek kata, atur komputer anda sebaik mungkin. Agar anda tidak kecewa dikemudian hari.

Saran saya
1. Apabila anda menggunakan MS Office dalam kerja harian anda, tetapi anda tidak mau membayar lisensinya, maka saran saya gunakan Open Office [http://www.openoffice.org]
2. Anda pengguna visio, tetapi mau cari yang free, silahkan gunakan DIA [http://dia-installer.sourceforge.net]
3. Anda penggemar image processing, gunakan GIMP [http://www.gimp.org]
4. Untuk aplikasi internet anda, saran saya gunakan Firefox [http://www.mozilla.org/products/firefox]
5. Lengkapi dengan mail reader anda dengan Thunderbird [http://www.mozilla.org/products/thunderbird]
6. Atau sekali-kali main ke SourceForge [http://sourceforge.net]

Apakah anda sudah mengatur komputer anda hari ini ?

Comments are closed.

What’s this?

You are currently reading Atur Komputer Anda… at the sky is not the limit.

meta

%d bloggers like this: