Having fun with RSS 2.1.5

Thursday, September 7th, 2006 § Leave a comment


BACKGROUND
Hari ini sebenarnya saya bete’ berat. Aplikasi ADS yang sudah lama saya persiapkan dan pembuatan CV sampe begadangan, ternyata sia-sia. Setidaknya untuk siang ini. Berkas ADS saya nggak di-approve sama boss. Dengan alasan,”nggak perlu kuliah ke luar negeri, cukup di dalam negeri ajah”.

Dalam ke-bete-an, seperti biasa saya salurkan untuk membuat tulisan dan mencari sebanyak-banyaknya data dukung. Sekarang ini saya sedang menyusun satu halaman untuk pribadi, yang isinya kira-kira berbunyi,”Prestasi orang Indonesia di luar negeri”. Beberapa tahun lalu, saya pernah koleksi beberapa artikel. Jadi harapan untuk mencari dan merangkumnya menjadi satu tulisan akan sangat mudah, pikir saya. Namun apa kata hati, apa realitanya, semua berbeda. Ternyata cukup menyita waktu yah untuk koleksi data.

Entah kenapa, tiba-tiba saya klik halaman firefox, dan mata ini tertambat pada Wizz RSS 2.1.5. Saya baca deskripsinya, ehm menarik yah. Akhirnya pun saya lakukan download. kecil saja, hanya 128Kb. Sebagai pelengkap (add-ons) browser firefox saya.

Kembali saya searching RSS tutorial. Terdapat beberapa bacaan, satu diantaranya dari Ilmukomputer.com. Saya baca dan pahami tulisan itu, dan saya putuskan untuk mempraktekkannya.

RSS APA MANFAATNYA ? [RSS di Mozilla dan Wikipedia]

Kalau anda diperintah oleh boss atau dalam rangka riset anda perlu mencari beberapa artikel, saran saya gunakan fasilitas RSS. Cara kerja RSS ini mencari, mengumpulkan dan menampilkannya dalam aplikasi RSS semua metadata dari beberapa media yang ada di internet. Keuntungannya sangat jelas, anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk menari kesana-kemari. Walaupun anda sudah menggunakan om google sekalipun. Pakai saja RSS ini. Sangat bermanfaat. Semua media barat dan beberapa media Indonesia sudah menyediakan fasilitas RSS ini.

LANGKAH-DEMI-LANGKAH

  1. Masuk ke halaman Firefox add-ons.
  2. Hasil instalasi, [gambar-1] add-ons akan muncul Wizz RSS bar di browser firefox anda.
  3. Klik button Wizz RSS 2.1.5 itu. Test masuk ke ABC server, kolom teknologi. [gambar-2]
  4. Antara juga ternyata ada juga. [gambar-3] Selain antara , Kompas dan Media Indonesia juga menyediakan fasilitas ini.
  5. Mencari berita lama juga bisa ternyata. [gambar-4]
  6. List lengkap RSS dari CNN. [gambar-5]

So nothing to say except… have fun with RSS 2.1.5🙂

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Having fun with RSS 2.1.5 at the sky is not the limit.

meta

