Peristiwa 9/11, 6 Tahun Yang Lalu

Tuesday, September 11th, 2007 § 1 Comment


Tadi malam, Geographic Channel kembali menyiarkan film Inside 9/11. Sebuah tragedi yang terus dan terus diperingati. Sebuah tragedi yang disebut Serangan 11 September. Genap sudah, hari ini adalah tahun ke-6 tragedi itu.

Skenario yang dikisahkan di film itu adalah serangan ke-4 sasaran yang menggunakan pesawat yang dibajak. Kurang lebih 3.000 orang tewas dalam serangan teror ini. Empat pesawat itu ialah: (referensi Wikipedia Indonesia)

American Airlines Penerbangan 11, yang menabrak menara World Trade Center yang utara

United Airlines Penerbangan 175, yang menabrak menara World Trade Center selatan

American Airlines Penerbangan 77, yang menabrak The Pentagon.

United Airlines Penerbangan 93, yang menabrak ke tanah. Pembajak itu ingin menabrakkan pesawat ke U.S. Capitol Building atau Gedung Putih. Penumpang di pesawat itu mencoba mengambil alih pesawat.

Tokoh utama tetap Osama bin Laden. Film Inside 9/11 itu banyak memuat masukan dari CIA (Unit Osama bin Laden). Bahkan dia menyatakan bahwa Invasi Amerika Serikat ke Irak adalah hadiah besar bagi bin Laden (referensi Kompas).

Masih inget dengan film 9/11 Confidential Report yang beredar luas beberapa tahun lalu? Film yang bercover warna terang dengan amplop besar bertulis Top Secret ditengahnya, berisi dokumenter dan hasil tanya jawab. Nara sumbernya tidak terbatas pada kalangan intelijen pemerintah dan kepolisian, melainkan juga melibatkan wartawan washington post dan peneliti dari beberapa universitas. Film ini bertutur tentang kedekatan keluarga Bush dan bin Laden, yang diwujudkan dalam bisnis kemitraan yang kental selama berpuluh tahun.

Nah, konteks terjadinya peristiwa 9/11 ini adalah wujud dari perselisihan yang berlarut antara dua keluarga besar itu. Yahh sepertinya pembagian kuenya nggak rata deh. Ada juga pendapat –lebih tepat gossip, bahwa serangan 9/11 adalah manuver Bush untuk menghindari pajak dan mengutip asuransi.

Tagged:

§ One Response to Peristiwa 9/11, 6 Tahun Yang Lalu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Peristiwa 9/11, 6 Tahun Yang Lalu at the sky is not the limit.

meta

%d bloggers like this: