Telepon Umum Pakai 3G, kapan ?

Monday, October 22nd, 2007 § 3 Comments


bv000004a.jpg“Tarif yang dikenakan pada masyarakat pun jadi lebih murah, khususnya bagi yang tinggal di daerah pedesaan,” ujarnya, menambahkan.

Statement di atas saya nukil dari artikel “NSN Sarankan Telepon Umum Pakai 3G

Sangat terasa sekali bagi geek yang “lari” ke timur Indonesia –hari-hari pertama pasti bete banget. Maklum ajah, masa orientasi yang kurang, ditambah keinginan yang menggebu untuk online, sama dengan kepalabv000003thumb.jpg berkunang-kunang. Kata kawan, saya sedang sakau IT –hehehe ternyata ada juga orang yang sakau IT. Ibarat pelaut pemula yang selalu mabuk laut, geek yang volunteer ke daerah timur pastinya menderita sakau IT hahaha.

Untuk atasi itu semua, satu-satunya jalan adalah gabung dengan pemilik VSAT. Infrastruktur yang nyaman di kepala namun membuat jantung deg-degan, yah itulah VSAT. Gimana nggak deg-degan? Mbayare pake opo cak … šŸ™‚

Alhamdulillah, rekan-rekan yang seberuntung saya hari ini, bisa ngenet, bisa nelpon anak tercinta, bisa apa saja via VSAT. Terima kasih untuk para volunteer yang membuat ini terjadi. Perlu dicatat untuk para pembaca, ternyata makin ke timur wilayah Indonesia, selain matahari cepet naik, kehidupannya juga makin padat, walau dengan teknologi apa adanya. Kami berharap; pendidikan murah dengan akses informasi cepat sudah hampir menjadi kenyataan. Yang masih menjadi dambaan adalah biaya ngenet yang murraaaahhhhh… syukur-syukur bisa gratis… bisa nggak yah

Provider tercatat yang bisa survive signalnya adalah Telkomsel, provider lainnya mokat semuanya. Akhir tahun (katanya) bakalan ada ProXL. Perlu pembaca catat, kalau berjalan dari Motaain (Kabupaten Belu) ke arah Batugade Timor Leste, signal Telkomsel secara berangsur “diambil alih” oleh TimorTelecom yang harga servisnya bisa 6 kali lipat mahalnya.

Jadi, wajar saja, kalau saya membaca statement di atas, hati ini bagai disiram air kesejukan. Kapan yah…

Tagged:

§ 3 Responses to Telepon Umum Pakai 3G, kapan ?

Leave a comment

What’s this?

You are currently reading Telepon Umum Pakai 3G, kapan ? at the sky is not the limit.

meta